Kunjungan ke Stasiun Televisi ANTV

Prodi Ilmu Komunikasi UP telah menyelenggarakan kegiatan kunjungan lapangan (fieldtrip) ke ANTV pada tanggal 14 Desember 2016 bagi mahasiswa T.A. 2016/2017. Sejumlah tim produksi stasiun televisi ANTV memberikan pengetahuan  kepada mahasiswa mengenai suka duka bekerja sebagai tim produksi dan kreatif di televisi. Selain itu, mereka juga menjelaskan teknis produksi siaran televisi dan aspek-aspek yang menjadi pertimbangan utama stasiun televisi dalam memproduksi ataupun menayangkan sebuah acara.

Mahasiswa juga diperkenalkan dengan studio televisi dan sejumlah alat pendukung untuk memproduksi siaran. Selain memperkenalkan industri pertelevisian nasional dan teknis produksi siaran televisi kepada para mahasiswa, kegiatan ini juga bertujuan untuk menjajaki kerjasama antara Universitas Pertamina dan stasiun televisi ANTV terkait pengembangan kompetensi mahasiswa.

Kunjungan ke Prambors FM Group

Pada Semester Genap akhir (Semester 2) periode bulan April – Juni 2017, tepatnya pada tanggal 11 April 2017, Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi UP T.A. 2016/2017 telah melakukan kunjungan lapangan (Fieldtrip) ke industri media elektronik radio. Radio yang berkesempatan dikunjungi adalah Radio Prambors FM Group; yang terdiri dari Prambors FM, Delta FM, dan Bahana FM. Kegiatan ini diperlukan untuk mengenalkan mahasiswa mengenai peran Public Relations (PR) dalam organisasi bisnis media konvensional, khususnya radio yang saat ini bersaing dengan media baru. Kegiatan ini membuka wawasan mahasiswa tentang bisnis media radio yang masih tergolong konvensional.

Tim PR Prambors memberikan pengetahuan kepada mahasiswa mengenai suka duka bekerja sebagai tim PR sekaligus tim komunikasi pemasaran. Selain itu, mereka menjelaskan strategi Prambors untuk tetap bisa eksis di era konvergensi di tengah persaingan dengan media baru. Mahasiswa juga diajak berkeliling untuk melihat proses siaran radio yang sedang live melakukan siaran. Tim dibagi kedua kelompok, kelompok pertama melakukan observasi ke studio Delta Radio, kemudian kelompok lainnya menuju studio Bahana Radio.

Kunjungan ke GOJEK HQ

Pada 4 Oktober 2017, Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi UP TA 2016/2017 melakukan kunjungan ke GOJEK HQ Indonesia dalam rangka mempelajari secara langsung iklim dan budaya organisasi terlebih di organisasi berbasis teknologi seperti GOJEK. Selain mendapatkan insight mengenai start-up dan perkembangan organisasi GOJEK dari perwakilan Divisi people and culture atau yang lazim dikenal dengan Divisi SDM, Divisi People and Culture juga memaparkan bahwa organisasi GOJEK bercirikan Flat organization yang identik dengan pola komunikasi upwarding & lateral.

Setelah pemaparan mengenai iklim dan budaya organisasi GOJEK, mahasiswa juga diajak berkeliling GOJEK HQ untuk melihat kantor direksi, ruang untuk para pegawai bekerja yang tidak bersekat, ruang pertemuan, ruang istirahat dan bersantai yang disediakan untuk karyawan yang ingin tidur atau sekedar merebahkan diri, ruang bermain, tempat olahraga dan sauna, cafe, dan tempat makan.

Kunjungan ke Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi

Pada 25 April 2018, Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi UP T.A. 2016/2017 telah melakukan kunjungan ke Biro Kerja Sama dan Komunikasi Publik Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Kegiatan tersebut dilakukan untuk menambah pengetahuan dan wawawasan mahasiswa mengenai dunia kehumasan di pemerintahan. Selain mempelajari struktur organisasi Biro Kerja Sama dan Komunikasi Publik Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, mahasiswa juga mendapatkan materi mengenai pentingnya memiliki kemampuan literasi informasi dan teknologi bagi seorang humas.