Ilmu Komunikasi

Ilmu Komunikasi adalah disiplin ilmu yang mempelajari dan menjelaskan usaha manusia berbagi pengetahuan dan informasi serta saling memahami satu sama lain melalui proses pertukaran pesan. Oleh sebab itu, Ilmu Komunikasi memusatkan perhatiannya pada faktor-faktor sosial, politis, kultural, dan teknologi yang berperan dalam proses komunikasi baik pada konteks interpersonal, kelompok, organisasional, publik, dan bermedia.

 

Tentang Program Studi

Program Studi Komunikasi lahir seiring dengan berdirinya Universitas Pertamina pada 11 Februari 2016. Program Studi  Komunikasi merupakan wujud komitmen Universitas Pertamina untuk menjawab tantangan yang semakin kompleks di sektor industri dan pada tataran kehidupan sosial.

Program Studi Komunikasi Universitas Pertamina dirancang untuk menghasilkan tenaga kerja siap pakai yang profesional dan berintegritas, baik sebagai praktisi maupun akademisi. Kurikulum program studi didisain secara apik sehingga mampu memberikan pengetahuan dan skill yang luas bagi mahasiswa agar dapat bersaing di dunia kerja yang dinamis dan kerap menuntut fleksibilitas.

Dukungan fasilitas dan kedekatan dengan industri membuat Program Studi ini pun memiliki ciri khas pembelajaran yang mengarah pada pengelolaan resiko dan krisis komunikasi perusahaan dan lingkungan sosial. Program studi ini juga fokus pada upaya peningkatan kemandirian mahasiswa dalam penggunaan, penciptaan, dan analisis konten media.

Selain pengajaran, Prodi Komunikasi telah banyak melakukan pengembangan kompetensi dosen dan mahasiswa, kegiatan pengabdian masyarakat, serta menjalin sejumlah kerja sama organisasi. Prodi juga aktif dalam melakukan penelitian yang dananya berasal dari internal Universitas maupun lembaga eksternal yang telah  dipresentasikan di konferensi tingkat nasional maupun internasional. 

 

Visi Program Studi

Menjadi Program Studi Komunikasi berkelas dunia yang berwawasan global dan berperan aktif dalam pengembangan Ilmu Komunikasi khususnya untuk menunjang industri di bidang energi.

 

Misi Program Studi

  1. Menyelenggarakan sistem pendidikan tinggi yang berwawasan global dan mendorong pembelajaran yang aktif, mandiri, dan berkolaborasi kuat dengan industri dan masyarakat.
  2. Melaksanakan penelitian dasar dan terapan dalam rangka mengembangkan Ilmu Komunikasi khususnya untuk menunjang industri di bidang energi.
  3. Mengabdikan pengetahuan dan keterampilan dalam bidang Ilmu Komunikasi untuk menunjang industri di bidang energi dan memberdayakan masyarakat.

 

Program Studi Terakreditasi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tujuan Program Studi

  1. Di bidang pendidikan dan pengajaran, Program Studi Komunikasi Universitas Pertamina bertujuan mensinergikan kurikulum yang telah disusun dengan arah pendidikan untuk pembangunan yang berkelanjutan dengan mengembangkan kapasitas sumber daya manusia yang berbudaya, paham, tanggap, dan kreatif untuk menyelesaikan sejumlah permasalahan sosial dan lingkungan hidup. Program studi juga menjamin bahwa peserta didik tanpa memandang jenis kelamin, suku, agama, ras, maupun latar belakang lainnya dapat menyelesaikan pendidikan dengan baik.
  2. Membekali mahasiswa Program Studi Komunikasi dengan kemampuan kritis, kreatif, komunikatif, kolaboratif, dan kooperatif yang dituangkan di setiap capaian pembelajaran yang diusung oleh setiap mata kuliah yang diajarkan.
  3. Menghasilkan sarjana yang memiliki kemampuan mengaplikasikan pengetahuan umum, dasar-dasar ilmu komunikasi, dan ilmu komunikasi terapan dalam menyelesaikan sejumlah masalah sosial maupun yang muncul di industri komunikasi dan energi.

 

 

Baca dan unduh Surat Keputusan (SK) Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) NO : 1530/SK/BAN-PT/Akred/S/V/2019 tentang Status Akreditasi dan Peringkat Terakreditasi Program Studi Komunikasi Pada Program Sarjana Universitas Pertamina dan sertifikat akreditasi prodi, melalui link berikut:

SK: http://bit.ly/SKAkreditasiProdiKomunikasi

Sertifikat: http://bit.ly/SertifikatAkreditasiProdiKomunikasi

 

 

 

Program Studi Komunikasi memiliki sejumlah keunggulan antara lain:

  • Kurikulum Program Studi Ilmu Komunikasi disesuaikan dengan standar nasional dan mengacu pada praktik akademik internasional.
  • Aspek Berpikir Kritis dan Berpikir Solusi Kreatif menjadi basis kurikulum program studi sehingga mahasiswa sejak awal diarahkan menjadi pribadi yang kritis dan pembelajar yang aktif.
  • Selain melalui pembelajaran rutin, mahasiswa dapat mendalami bidang keilmuannya dan berkenalan dengan dunia kerja melalui paparan praktisi dari sektor industri terkait yang diundang secara berkala.
  • Mahasiswa tidak hanya menerima materi di dalam kelas, namun juga terjun langsung melihat praktik industri melalui kegiatan kunjungan perusahaan, fieldtrip, dan kerja praktik di sektor industri yang relevan.
  • Melalui kegiatan proyek multidisiplin dan mata kuliah Konsep Pengembangan Ilmu Pengetahuan (Sains Terintegrasi), mahasiswa dapat belajar beradaptasi dan bekerja sama di dalam kelompok yang memiliki latar belakang keilmuan yang berbeda untuk mencapai tujuan bersama dalam menyelesaikan masalah yang kompleks. Hal ini menjadi bekal bagi mahasiswa agar sukses dalam bersosialisasi dan berinteraksi di dunia kerja di masa depan dan menanggalkan ego kebidangannya.
  • Mahasiswa dapat memilih peminatan keilmuan yang terdiri dari 2 (dua) bidang yaitu Komunikasi Strategis dan Manajemen Media.
  • Mahasiswa mendapatkan sejumlah fasilitas pendukung pembelajaran, seperti studio komunikasi, sehingga mereka dapat mengasah skill dalam memproduksi sejumlah produk komunikasi.
  • Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk dapat lulus dalam waktu 3.5 tahun.
  • Mahasiswa dipersiapkan melangkah memasuki dunia kerja melalui mata kuliah Persiapan Memasuki Dunia Kerja dan Etika Profesi.

Program Studi Komunikasi Universitas Pertamina memiliki beberapa jenis kelompok mata kuliah yaitu;

  1. Mata Kuliah Dasar Ilmu Komunikasi:
  • Pengantar Ilmu Komunikasi
  • Teori-Teori Komunikasi
  • Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi
  • Psikologi Komunikasi
  • Sosiologi Komunikasi
  • Komunikasi Antarpribadi
  • Komunikasi Kelompok
  • Komunikasi Massa
  • Komunikasi Organisasi
  • Komunikasi Antarbudaya
  1. Mata Kuliah Ilmu Komunikasi Terapan:
  • Dasar-Dasar Jurnalistik
  • Dasar-Dasar Komunikasi Strategis
  • Literasi Media dan Informasi
  • Manajemen Media
  • Komunikasi Visual
  • Public Relations
  • Public Speaking
  • Komunikasi Pemasaran
  • Perilaku Konsumen
  • Komunikasi Politik
  • Statistika Sosial
  • Metode Penelitian Komuniksi Kuantitatif
  • Produksi Konten Multimedia
  • Sinematografi
  • Komunikasi Keenergian
  • Manajemen Pemasaran Sosial
  • Relasi Kuasa Media dan Globalisasi
  • Hukum dan Etika Komunikasi
  • Metode Penelitian Komunikasi Kualitatif
  • Komunikasi Krisis dan Risiko
  • Isu-Isu Komunikasi Kontemporer
  1. Mata Kuliah Peminatan Komunikasi Strategis dan Manajemen Media:
  • Penulisan Public Relations
  • Produksi iklan
  • Manajemen Kegiatan
  • Penulisan dan Reportase Jurnalisme
  • Kewirausahaan Media
  • Media dan Masyarakat Digital 
  1. Proyek Multidisiplin, Kerja Praktek, dan Tugas Akhir.

Lulusan sarjana ilmu komunikasi mampu memberikan alternatif solusi permasalahan komunikasi dalam isu-isu global terutama di sektor industri dengan berlandaskan etika profesi komunikasi. Beberapa bidang profesi yang dapat dikerjakan oleh lulusan sarjana ilmu komunikasi antara lain:

  • Public Relations
  • Media Manager
  • Content dan communication preneur
  • Jurnalis media elektronik dan cetak
  • Penyiar/Pembaca Berita
  • Produser konten media
  • Creative
  • Akademisi bidang Komunikasi
  • Akademisi bidang Komunikasi
  • Communication Marketers
  • Event Organizer/Coordinator
  • Advertisement Creator
  • Communication Specialist
  • Development Officer
  • Dan lain-lain…….